Rabu, 05 Desember 2012

AKU dan DIRINYA



Asal usul alen alen
Pasti hampir setiap hari dengar . ya, makanan sekaligus camilan khas kabupaten trenggalek ini adalah jajanan yang sangat digemari warga trenggalek bahkan sampai manca negara . apalagi alen alen juga menjadi kalimat lagu (syair) lagu daerah trenggalek. Tapi tahukah kamu asal usul alen alen?
Ok. Alen alen sudah ada di trenggalek sekitar tahun 1894. Jajanan itu dipelopori oleh bupati trenggalek ke III Kanjeng raden temanggung wijoyo kusumo beliau juga pernah menjadi Wedana Kaliboto Purworejo  Jawa Tengah.
Nah. Setelah menjadi Bupati Trenggalek, ia membuat karya monumental, seperti perbaikan jalan, pembuatan jalur kereta api mulai dari Tulungagung hingga stasiun pemberhentian terakhir di Tugu, mempermudahkan kab. Trenggalek , perayaan pasar malam pada hari besar nasional & agama seperti Mauludan & ulang tahun Ratu Wilhelmina dengan arak-arakan gunungan. Disamping itu juga pembangunan irigasi seperti Danau Bagong, Danau Cangkrung, dan Danau Widoso.
Selain karya monumental di atas, ada yang paling hebat yaitu seperti yang telah aku ceritakan di atas mempelopori jajanan khas Trenggalek. Alen-alen sebenarnya berasal dari daerah Kebumen atau Purworejo yang awalnya bernama Lanting. Disesuaikan lidah wong nggalek maka jajanan Lanting kemudian menjadi alen-alen.
Nah, itulah asal-usul alen-alen. Jadi kita harus tahu donk! Oleh karena itu, kita juga harus menghormati jasa-jasa KRT Wijoyokusumo yang juga sebagai kakek dari Pahlawan Nasional sekaligus pendiri TNI Jendral Urip Sumoharjo.

1 komentar: